Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan

Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan - Hallo sahabat ngakaktv, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komponen Elektronik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan
link : Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan

Baca juga


Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan

Salah satu komponen penting pada mesin tv ialah Flyback yang memiiki fungsi untuk menekan tegangan semoga layar sanggup menampilkan gambar, ada beberapa ciri ciri flyback rusak pada tv yang mungkin belum Anda ketahui dan harus Anda ketahui, adapun tanda-tanda yang ditimbulkannya, pada artikel kali ini aku akan membahas tema tersebut.

Kerusakan flyback tv ialah salah satu hal yang cukup sulit untuk diperbaiki, yang menciptakan sulitnya ialah terkadang kita tidak tahu bahwa kerusakan tersebut ialah alasannya ialah flyback yang bermasalah, ntah itu bocor atau yang lainnya, jadi banyak yang menunda pekerjaan alasannya ialah memang belum mengetahui penyebab pastinya.


Menurut saya, jikalau Anda ialah seorang teknisi sangat wajib mengetahui ciri ciri kerusakan komponen tv salah satunya flyback semoga Anda tidak kebingungan dikala ingin memperbaiki televisi dan sekaligus mencar ilmu lebih dalam lagi semoga sanggup menjadi teknisi yang handal.

Oke pada kesempatan kali ini aku akan menunjukkan beberapa ciri ciri flyback rusak yang perlu Anda ketahui, ternyata ada banyak ciri dan tanda-tanda yang mungkin masih sedikit yang mengetahuinya, untuk info lebih jelasnya silakan baca artikel ini hingga selesai.

Ciri Ciri Flyback Rusak Dan Gejalanya


 Salah satu komponen penting pada mesin tv ialah Flyback yang memiiki fungsi untuk meneka Ciri Ciri Flyback TV Rusak Dan Gejala Yang Ditimbulkan

Dibawah ini akan ada beberapa ciri yang gejalanya juga bervariasi, mungkin Anda pernah menemukan permasahan yang persis ibarat ciri dibawah yang berarti penyebabnya ialah kerusakan pada flyback TV.

1. Tegangan Naik Turun


Yang pertama, jikalau Anda pernah menemukan kasus TV yang tegangannya naik turun atau fokus pada flyback tidak berfungsi itu berarti FBT memang rusak, Anda sanggup dengan gampang melihat kerusakan ini yang ditandai dengan gambar pada layar tv terkadang fokus dan terkadang blur dengan sendirinya  dikala tv dalam posisi menyala.

Bukan diam-diam umum lagi, melalui flyback kita sanggup mengatur fokus gambar yang tampil pada layar tv, dan juga tingkat kecerahan layar, jadi jikalau tv terkadang fokus dan terkadang tidak atau berubah ubah dengan sendirinya berarti ini termasuk ciri cirinya.

2. Gulungan Kawat Short Atau Terbakar


Pada rangkaian flyback terdapat sebuah gulungan kawat, sudah banyak teknisi yang memperbaiki persamalahan ibarat ini,, kerusakannya ditandai dengan lilitan kawat yang terbakar alasannya ialah short (konslet), tanda yang paling terang biasanya akan ada retakan dibagian body flyback dan tidak jarang mengeluarkan lelehan benda berwarna kuning.

3. Kebocoran Tegangan Tinggi


Ketika tv dinyalakan dan posisi flyback masih terpasang, terlihat terang akan ada semburan ibarat api berwarna biru dan mengeluarkan bunyi yang cukup nyaring ibarat konsleting listrik, jikalau Anda mengalami permasalahan ini lebih baik mencabut tv dan jangan terus dicolokkan alasannya ialah kemungkinan besar akan merambat ke komponen lainnya yang masih erat dengan flyback.

Awalnya kerusakan ibarat ini hanya ditandai dengan mengeluarkan bunyi saja dan belum hingga menyemburkan listrik tegangan tinggi, kerusakan ini sering disebut flyback bocor, jikalau kebocoran itu dari body, maka mau tidak mau Anda harus mengganti flyback dengan yang gres alasannya ialah tidak sanggup dengan cara yang lain lagi.

4. Kebocoran Pada  Kabel Tegangan Tinggi


Jika Anda menemukan kabel tegangan tinggi yang terbakar atau bahkan hingga terkelupas itu berarti salah satu ciri ciri flyback rusak dan kasus yang satu ini sering juga terjadi, penyebab kenapa kabel terbakar sanggup alasannya ialah sudah terlalu usang sehingga kualitas menurun atau alasannya ialah terlalu sering mendapatkan tegangan yang tinggi.

Masalah ini juga termasuk serius dan harus segera ditangani, jikalau semakin parah biasanya akan ditandai dengan kabel yang terkelupas dan dikala dalam keadaan gelap akan terlihat percikan api dari tengan tinggi yang keluar disertai dengan bunyi nyaring.

5. Tegangan Tinggi Anoda Konslet (Short)


Kerusakan ini sanggup terjadi alasannya ialah terjadi kebocoran korelasi dikala diukur antara kop dengan tegangan yang tinggi dan pin Ground atau ABL memakai multitester dengan ukuran skala X10.

Selain itu, tanda-tanda kerusakan ibarat ini sanggup mengakibatkan tengan fokus dan screen tidak keluar atau tidak berfungsi walaupun Anda sudah mengatur pada flyback, dan tidak akan terjadi perubahan apapun, kemudian terkadang akan terdengar bunyi bunyi pada flyback dan juga sanggup mengakibatkan tegangan B+ menjadi drop.

Setelah mengenal 5 ciri kerusakan ibarat diatas, Anda juga harus mengetahui gejala umum yang sering terjadi jikalau flyback tv rusak, yaitu antara lain sebagai berikut:


  • Regulator atau power supplay biasanya akan mengeluarkan bunyi yang nyaring.
  • Terbakarnya resistor kepingan ABL, jikalau parah akan ditandai dengan bekas terbakar yang sanggup hingga benar benar hitam.
  • Transistor horizontal akan lebih panas dari biasanya dan tegangan B+ akan menurun (Drop) tanda-tanda ini akan terjadi jikalau flyback hanya setengah konslet saja, tidak full.
  • Kerusakan pada transistor horizontal dan dikala diganti akan selalu jebol kecuali Anda mengganti flybacknya terlebih dahulu.


Baca Juga:


Akhir Kata


Cukup hingga disini artikel yang sanggup aku bagikan untuk Anda, semoga ciri ciri flyback rusak ini bermanfaat bagi Anda dan pembaca lainnya, jikalau artikel ini dirasa bermanfaat aku akan sangat berterimakasih jikalau Anda berkenan untuk membagikannya. olok-olokan pertanyaan eksklusif dan akan segera aku respon jikalau ada waktu luang, terimakasih...
Terakhir diperbarui: 19 Juli 2019.


Demikianlah Artikel Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan

Sekianlah artikel Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ciri Ciri Flyback Tv Rusak Dan Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan dengan alamat link https://ngakaktv.blogspot.com/2010/05/ciri-ciri-flyback-tv-rusak-dan-tanda.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel