Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar

Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar - Hallo sahabat ngakaktv, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komponen Elektronik, Artikel Resistor, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar
link : Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar

Baca juga


Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar

Kode warna resistor memang banyak belum yang paham khususnya cara membaca setiap warna tersebut, alasannya setiap gelang warna yang ada pada resistor dibentuk bukan hanya untuk mempercantik tampilan saja tetapi mempunyai nilai yang berbeda beda, untuk menghitungnya Anda perlu mengetahui tabel kodenya terlebih dahulu dan mempelajari rumusnya.

 memang banyak belum yang paham khususnya cara membaca setiap warna tersebut Kode Warna Resistor dan Cara Menghitung Yang Benar
Pada umumnya resistor ini sering ditemukan pada rangkaian elektronik terutama mesin televisi, tetapi tidak jarang ditemukan pada rangkaian lainnya, alasannya memang mempunyai tugas dan fungsi yang cukup penting, ciri khusus dari komponen ini yaitu setiap warna yang memilih nilai resistansinya.


Komponen ini intinya dibagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu 4 warna, 5 warna dan 6 warna yang masing masing mempunyai rumus untuk membaca nilai resistansinya, oleh alasannya itu Anda harus mengetahui aba-aba warna resistor supaya pada ketika menghitungnya akan lebih gampang dan cepat, dibawah ini aku sudah menyediakan aba-aba lengkap beserta cara menghitungnya.

Kode Warna Resistor


Dibawah ini sudah tersedia tabel untuk hingga yang 6 gelang warna, jadi jikalau Anda ingin menghitung resistor 4 atau 5 warna dapat melihat tabel aba-aba dibawah ini:

 memang banyak belum yang paham khususnya cara membaca setiap warna tersebut Kode Warna Resistor dan Cara Menghitung Yang Benar

Terlihat diatas ada 6 baris aba-aba yang mana dapat dipakai untuk membaca nilai resistor, menyerupai gambar diatas ada beberapa warna diantaranya yaitu hitam, cokelat, merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu, abu-abu, putih, emas dan perak yang masing masing mempunyai nilai berbeda.

Sebenarnya menyerupai tabel diatas, hanya ada sedikit perubahan angka pada pita ke satu hingga dengan  ke enam, jadi untuk menghitungnya tidak sulit, sebelumnya aku sudah membahas rumus beserta penyeselesaiannya, jadi jikalau Anda ingin dapat mengetahui nilai warna pada resistor, dapat membaca artikel dibawah ini:

Kode Warna Resistor Beserta Nilainya


Berbeda dengan yang diatas, dibawah ini lebih lengkap alasannya Anda dapat dengan gampang mengetahui nilai pada setiap percampuran warna pada gelang resistor, berikut tabelnya:

 memang banyak belum yang paham khususnya cara membaca setiap warna tersebut Kode Warna Resistor dan Cara Menghitung Yang Benar

Tabel diatas memudahkan kita jikalau ingin pribadi mengetahui nilai pada setiap gelang warna, jadi jikalau Anda ingin cepat mengetahui nilainya dapat pribadi melihat tabel diatas, atau dapat menyimpannya pada galeri ponsel Anda.

Cara Menghitung Resistor 4 Gelang Warna


Selain kode, pada artikel kali ini juga aku akan menawarkan klarifikasi bagaimana cara menghitung untuk yang 4 gelang warna, dibawah ini akan dijelaskan pola soal dan penyelesaiannya, jadi simak artikel ini hingga selesai.

  • Contoh Soal:


Diketahui ada sebuah resistor 4 gelang warna, diantaranya yaitu pita kesatu = hijau, pita kedua= ungu, pita ketiga= hitam dan pita keempat= emas, hitunglah nilai resistor beserta rumusnya!

  • Penyelesaian:


Diketahui:

  1. Pita pertama: Hijau
  2. Pita kedua: Ungu
  3. Ketiga: Hitam
  4. Pita keempat: Emas


Untuk rumusnya dapat melihat tabel yang sudah aku sediakan diatas, untuk penyeselesaian lanjutannya menyerupai dibawah ini:

  1. Pita pertama: Hijau=5
  2. Pita kedua: Ungu=7
  3. Ketiga: Hitam=100
  4. Pita keempat: Emas/toleransi-=5%

Kaprikornus nilai pada setiap warna resistor tersebut yaitu 57Ohm dengan toleransi 5%.

Masih belum paham? damai saja aku akan menuntaskan semua cara perhitungannya, jadi untuk lebih lengkapnya Anda dapat membaca artikel dibawah ini:


Demikian artikel mengenai Kode Warna Resistor dan cara membacanya, jikalau diarasa artikel tersebut bermanfaat maka jangan lupa untuk membagikan supaya orang lain juga tahu, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya disini, Anda dapat mengajukan pertanyaan melalui email dan jikalau ada waktu luang niscaya akan aku respon, terimakasih sudah berkunjung...


Demikianlah Artikel Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar

Sekianlah artikel Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitung Yang Benar dengan alamat link https://ngakaktv.blogspot.com/2010/05/kode-warna-resistor-dan-cara-menghitung.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel